Renstra Akper Kesdam Kesdam I/BB Binjai

RENCANA STRATEGIS (RENSTRA)

AKADEMI KEPERAWATAN KESDAM I/BB BINJAI

TAHUN 2017 s.d 2021

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.      Latar Belakang.

Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Binjai, merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang Kesehatan yang berada Di Kota Binjai Sumatera Utara  Akper Kesdam I/BB Binjai adalah institusi pendidikan yang berada di bawah pembinaan Kesdam I/BB Binjai yang bertanggung jawab melaksanakan pendidikan jenjang D-III Keperawatan.Riwayat akper kesdam I/BB Binjai :

-          1974 – 1987 * Filial Dari SJK (Sekolah Penjenang Kesehatan) Rumkit DAM II.

-          1987 – 2005 * SPK (Sekolah Perawatan Kesehatan).

-          2007 * Akademi Keperawatan Sampai dengan sekarang

Akper Kesdam I/BB Binjai mempunyai kewajiban melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk mengimplementasikan amanat Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Binjai telah berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta mempunyai andil besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, mengatasi berbagai persoalan bangsa, meningkatkan kesehatan masyarakat, kesejahteraan masyarakat, dan memelihara kelestarian lingkungan. Akper Kesdam I/BB Binjai juga telah banyak menjalin kerjasama dengan berbagai institusi di dalam maupun luar negeri dalam upaya mewujudkan visi dan misi yang diembannya.

Untuk mewujudkan visi dan misi jangka panjang di tahun 2022, Akper Kesdam I/BB Binjai diharapkan telah menjadi sebua perguruan tinggi dengan predikat yang sanggup mensejajarkan dirinya dengan perguruan tinggi yang baik dari segi mutu lulusan maupun mutu proses penyelenggaraan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga dapat mengangkat martabat dan harkat bangsa Indonesia. Untuk mewujudkan visi dan misi yang diembannya, Akper Kesdam I/BB Binjai telah membuat program jangka waktu 5 tahun ke depan dalam suatu dokumen Rencana Strategis Akper Kesdam I/BB Binjai tahun 2017 – 2021.

Di tahun 2022 diharapkan Akper Kesdam I/BB Binjai telah memiliki daya saing di tingkat Nasional dalam segi mutu lulusan maupun mutu proses penyelenggaraan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga baik sarana dan prasarana maupun mindset sivitas akademika serta tenaga kependidikan dalam periode 2017 – 2021 harus ditingkatkan untuk mencapai Nasional, dengan action research kearifan lokal.

 

Penyusunan Rencana Strategis Akper Kesdam I/BB Binjai disusun berdasarkan : (1) Rencana Strategis terdahulu Akper Kesdam I/BB Binjai 2012 – 2017, (2) Hasil evaluasi diri yang menggambarkan kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman  Akper Kesdam I/BB Binjai, dan ditemukan empat isu strategis yaitu : (1)  Peningkatan kualitas pendidikan, (2) Peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, (3) Peningkatan kualitas kemahasiswaan dan alumni dan (4) Peningkatan kualitas kelembagaan dan kerjasama.

Untuk setiap isu strategis kemudian ditetapkan indikator kinerja utama yang diikuti dengan standar mutu Akper Kesdam I/BB Binjai pada setiap indikator. Indikator kinerja utama diharapkan menjadi bagian dari evaluasi keberhasilan implementasi Rencana Strategis sehingga Indikator kinerja utama tersebut sudah selayaknya dijabarkan menjadi program dan kegiatan dalam program kerja tahunan Akper Kesdam I/BB Binjai.

 

1.2.      Dasar Penyelenggaraan Institusi

-            Surat Dirkesad No : B/245/XI/2004 tanggal 22 Nopember 2005 tentang persetujuan konversi SPK Kesdam I/BB Binjai menjadi  D-III Keperawatan.

-            Surat keputusan menteri kesehatan RI No : HK.03.2.4.1.08158 tanggal 18 Agustus 2005 tentang izin konversi Sekolah Perawat Kesehatan Kesdam I/BB Binjai menjadi AKPER kesdam I/BB binjai.

-            Surat keputusan menteri kesehatan RI No:HK.03.01/I/II/4/5278/2009 tanggal  15 Juli 2009  tentang  perpanjangan  izin  penyelenggaraan pendidikan  Akper Kesdam I/BB Binjai.

-            Surat Keputusan menteri pendidikan nasional Republik Indonesia No. 234 / D / 0 / 2010 tanggal 23 desember 2010 tentang penetapan AKPER Kesdam I/BB Binjai provinsi Sumatera Utara yang diselenggarakan oleh yayasan Wahana Bhakti Karya Husada di Jakarta pusat provinsi DKI Jakarta dibawah pembinaan kementrian kesehatan menjadi AKPER Kesdam I/BB Binjai Provinsi Sumatera Utara yang diselenggarakan oleh yayasan Wahana Bhakti Karya Husada di Jakarta pusat provinsi DKI Jakarta di bawah pembinaan kementrian pendidikan nasional.

 

BAB II

FALSAFAH, NILAI, PRINSIP, VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN

 

 

2.1.      Landasan Filosofi.

Akper Kesdam I/BB Binjai sebagai lembaga pendidikan tinggi menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan cita-cita nasional untuk meningkatkan mutu kehidupan serta martabat manusia yang berkarakter mulia berlandaskan iman dan taqwa. Dalam melaksanakan fungsinya Akper Kesdam I/BB Binjai berdasarkan pada Pancasila sebagai falsafah bangsa dan ideologi negara.

 

2.2.     Nilai-Nilai

Utama Dalam melaksanakan kegiatannya sivitas akademika dan tenaga kependidikan wajib menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai sebagai berikut: 1. Ketuhanan yang Maha Esa. 2. Etika moral, keadilan, kejujuran, kearifan dan pengabdian terbaik. 3. Keunggulan, kreativitas, inovatif, dinamis serta efisien. 4. Kepeloporan, kemandirian, dan bertanggung jawab. 5. Keterbukaan, manusiawi, berwawasan nasional dan berdaya saing Nasional.

 

2.3.     Prinsip Dasar

Sebagai perguruan tinggi negeri yang bersifat nirlaba, Akper Kesdam I/BB Binjai dikembangkan berdasar prinsip-prinsip dasar sebagai berikut: 1. Aktualisasi nilai-nilai filosofis Pancasila, UUD 1945 serta hakikat penyelenggaraan pendidikan tinggi yang dilandasi ilmu yang amaliah; 2. Mengacu pada prinsip-prinsip organisasi yang sehat dan otonom melalui program-program yang berkelanjutan, transparan, akuntabel dan mampu meningkatkan kesejahteraan serta daya saing.

 

2.4    Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Perguruan Tinggi dan Program Studi

            Langkah awal dalam perumusan strategi (Strategy Formulation) adalah penetapan visi. Visi merupakan gambaran tentang masa depan (future) yang realistic dan ingin diwujudkan dalam kurun waktu tertentu. Visi harus dapat memberi kepekaan yang kuat tentang area focus Akademi Keperawatan. Hal ini lebih lanjut diungkapkan oleh Hax dan Majluf dalam Akdon (2007 : 95), bahwa visi adalah pernyataan yang merupakan sarana untuk:

  1. Mengkomunikasikan alasan keberadaan Akademi Keperawatan dalam arti tujuan dan tugas pokok
  2. Memperlihatkan framework hubungan antara organisasi dengan stakeholders (sumber daya manusia, mahasiswa, dan pihak lain yang terkait).
  3. Menyatakan sasaran utama kinerja organisasi dalam arti pertumbuhan dan perkembangan.

 

Kriteria-Kriteria Pembuatan Visi:

  1. Visi bukanlah fakta, tetapi gambaran pandangan ideal masa depan yang ingin diwujudkan
  2. Visi dapat memberikan arahan mendorong semua anggota yang terkait di Akademi Keperawatan untuk menunjukkan kinerja yang baik.
  3. Dapat menimbulkan inspirasi dan siap menghadapi tantangan.
  4. Gambaran yang realistik dan kredibel dengan masa depan yang menarik.

 

Suatu visi akan menjadi realistik, dapat dipercaya, menyakinkan serta mengandung daya tarik, maka dalam proses pembuatanya kami  melibatkan semua stakeholders. Selain keterlibatan semua pihak, visi yang telah dibuat secara intensif dikomunikasikan kesemua anggota organisasi sehingga mereka merasa sebagai pemilik visi tersebut. Selain itu visi dibuat dalam kalimat yang singkat agar mudah diingat dan dijadikan komitmen.

 

  1. 1.  Visi  Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Binjai
  2. a.    Visi Institusi :

Menjadi Perguruan Tinggi Kesehatan yang menghasilkan tenaga perawat Profesional serta berdaya saing di tingkat Nasional  pada Tahun 2022.

  1. b.    Visi Program Studi :

Menjadi Program Studi Diploma III Keperawatan yang menghasilkan perawat vokasi dengan keunggulan keperawatan gawat darurat yang mampu bersaing ditingkat nasional tahun 2022.

  1. 2.    Misi  Program Studi Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Binjai

Dalam  rangka  mewujudkan  dan  merealisasikan  Visi  Akademi Keperawatan di atas,  maka ditetapkan misi Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Binjai sebagai berikut :

  1. a.  Misi  Institusi :
  2. Melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran Perawat yang kompeten dan kompetitif yang sesuai dengan standar nasional pendidikan.
  3. Melaksanakan penelitian yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran agar mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang kesehatan.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang kesehatan.
  5. Mengembangkan kerjasama dengan institusi/lembaga dalam negeri dan luar negeri dalam meningkatkan kapasitas daya saing institusi
  6. Mengembangkan professionalisme sumber daya keperawatan, kesehatan dan pendidikan melalui peningkatan jenjang pendidikan dan pelatihan yang  berkesinambungan.
  1. a.  Misi Program Studi
  2. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan perawat yang kompeten dan kompetitif  dengan kekhususan keperawatan kegawatdaruratan
  3. Mempersiapkan lulusan perawat yang handal dan mampu menerapkan ilmunya di dunia kesehatan dan masyarakat.
  4. Melaksanakan penelitian yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran agar mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang kesehatan.
  5. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang kesehatan khususnya keperawatan gawat darurat.
  6. Mengembangkan kerjasama dengan institusi/lembaga dalam negeri dan luar negeri dalam meningkatkan kapasitas daya saing institusi.          

 

  1. 1.  Tujuan Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Binjai

Tujuan adalah sesuatu (apa) yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu satu sampai lima tahun. Tujuan ditetapkan dengan mengacu kepada pernyataan visi dan misi serta didasarkan pada analisis strategis. Berdasarkan visi, misi dan kondisi strategis yang ada Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Binjai menetapakan tujuan sebagai berikut :

  1. a.    Tujuan Institusi :
  2. Menghasilkan perawat yang profesional, kompeten dan kompetitif di Kesehatan  dan mampu bersaing di tingkat nasional.
  3. Menghasilkan lulusan perawat yang handal dan mampu menerapkan ilmunya di dunia kesehatan dan masyarakat.
  4. Menghasilkan penelitian yang unggul dalam bidang keperawatan.
  5. Menghasilkan pengabdian masyarakat dalam bidang keperawatan dan menggunakan hasilnya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  6. Terjalinnya kerjasama dengan institusi/lembaga dalam negeri dan luar negeri dalam meningkatkan kapasitas daya saing institusi.
  1. a.    Tujuan Program Studi
  2. Menghasilkan perawat yang profesional, kompeten dan kompetitif di Kegawatdaruratan dan mampu bersaing di tingkat nasional.
  3. Menghasilkan lulusan perawat yang handal dan mampu menerapkan ilmunya di dunia kesehatan dan masyarakat.
  4. Menghasilkan penelitian yang unggul dalam bidang keperawatan.
  5. Menghasilkan pengabdian masyarakat dalam bidang keperawatan dan menggunakan hasilnya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  6. Terjalinnya kerjasama dengan institusi/lembaga dalam negeri dan luar negeridalam meningkatkan kapasitas daya saing institusi.

 

  1. Sasaran Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Binjai

           a.    Terlaksananya proses pembelajaran sesuai dengan pengembangan IPTEK dan Tercapainya lulusan yang memiliki kompetensi kegawatdaruratan dengan IPK minimal 3,00.

           b.    Peningkatan pengetahuan lulusan dengan berbagai kegiatan

           c.    Terselenggaranya pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa.

           d.    Terselenggaranya penelitian oleh dosen dan mahasiswa

e.    Terselenggaranya kerjasama dengan institusi/lembaga dalam negeri dan luar negeri.

 

 

BAB III

EVALUASI DIRI

 

Pada awal pengembangannya, Akper Kesdam I/BB Binjai merupakan Akademi pendidikan dengan misi yang ditekankan pada pendidikan untuk menghasilkan Diploma III. Berikut ini merupakan penjabaran dari kekuatan, kelemahan yang dimiliki Akper Kesdam I/BB Binjai saat ini, serta peluang dan ancaman yang akan dihadapi Akper Kesdam I/BB Binjai di masa mendatang pada empat kelompok, yaitu kelompok pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kemahasiswaan dan alumni, serta kelembagaan dan kerjasama.  Tujuan dari evaluasi diri adalah untuk menentukan posisi Akper Kesdam I/BB Binjai dalam empat bidang tersebut berdasarkan kondisi internal (kekuatan dan kelemahan) dan kondisi eksternal (peluang dan ancaman) terutama yang berkaitan dengan visi dan misi yang diembannya.  Fokus utama SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat) adalah posisi saat ini dikaitkan dengan status menuju daya saing tingkat Nasional. 

Hasil gambaran SWOT kemudian digunakan untuk pembuatan program kegiatan untuk mencapai visi ke depan secara bertahap dalam rentang waktu sampai dengan 2022.  Keberhasilan program dievaluasi secara berkala berdasarkan indikator kinerja utama yang telah ditentukan besarannya.

 

3.1.  Pendidikan

a)    Kekuatan

  1. Letak kampus yang cukup strategis , dapat mudah terjangkau dengan kendaraan dan suasana kampus yang sangat asri.
  2. Lahan praktek (Rumkit Tk IV Binaji Kesdam I/BB) berada dilingkungan Institusi.
  3. Biaya pendidikan yang relatif lebih  murah
  4. Kegiatan berpedoman pada Standar Oprasional Prosedural  Organisasi.
  5. Jumlah Dosen Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Binjai sangat memadai
  6. Sarana dan prasarana yang sangat layak pakai.
  7. Banyak menjalin kerjasama dengan instansi Negeri Dan Swasta
  8. Adanya sistem penjaminan mutu akademik yang berorientasi Pelayanan Prima.
  9. Peningkatan jumlah koleksi pustaka per tahun, adanya digital library, dan transaksi perpustakaan on line  meningkatkan kemudahan informasi bagi segenap mahasiswa dan dosen.

10. Akper Kesdam I/BB Binjai terus meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menguasai bahasa inggris dan teknologi informasi.

11. Peningkatan pelatihan dan seminar di bidang keperawatan terutama di kegawatdaruratan.

 

b)   Kelemahan 

  1. Fasilitas sarana pembelajaran terutama untuk Laboratorium masih belum terpenuhi karena banyaknya mahasiswa dan prioritas pemenuhan yang belum diutamakan baik dari sisi konsepsi secara integrasi maupun kesesuaian pendanaan.
  2. Beberapa fasilitas masih dalam tahapan pengembangan, dan tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat
  3. Proses pendidikan hanya berfokus pada upaya peningkatan kecerdasan intelektual (intellectual intelligence).
  4. Pola pikir pendidikan yang berorientasi pada pencarian lapangan kerja, bukan pada penciptaan lapangan kerja.
  5. Belum ada proses pendidikan yang secara khusus diciptakan untuk menghasilkan alumni yang berjiwa wirausaha (entrepreneur).
  6. Kemauan dosen menulis buku ajar atau E-book untuk referensi mahasiswa masih rendah.
  7. Tingkat kelulusan Ukom Masih Rendah


Kalender Harian

« Feb 2024 »
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 1 2
3 4 5 6 7 8 9

Polling Pendapat

Layanan online manakah menurut anda yang perlu kami kembangkan ke depan?

 

Statistik Website

Visitors :686575 Visitor
Hits :1998894 hits
Month :1504 Users
Today : 124 Users
Online : 5 Users

Copyright © 2024 Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Binjai All Rights Reserved